JUST TRYING TO COLLECT INFORMATION of ZION-CYBERCRIME-FREE EBOOKS

Direktorat Penyidikan HKI Siap Dibentuk

In CYBERCRIME NEWS on April 26, 2009 at 3:01 pm

Selasa, 10/03/2009 17:16 WIB 

Jakarta – Pemerintah akan membentuk direktorat baru, yakni Direktorat Penyidikan Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI) yang akan bernaung di bawah Direktorat Jenderal HKI Departemen Hukum dan HAM. 

Keberadaan direktorat baru tersebut dinilai perlu agar koordinasi kerja dengan aparat penegak hukum lain lebih baik dan mempercepat penanganan perkara pelanggaran HKI, semisal pembajakan software di Indonesia. 

Menurut Sekretaris Tim Nasional Penanggulangan Pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (PPHKI) Andy N Sommeng, rencana pembentukan direktorat baru ini sudah diusulkan sejak tahun lalu dan kini sudah disetujui oleh Kantor Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara (Meneg PAN). 

“Tahun ini direktorat baru itu akan terbentuk dengan harapan penanganan perkara kasus HKI menjadi lebih fokus,” ujarnya usai meluncurkan program Kampanye Nasional Hak Kekayaan Intelektual Anti Penggunaan Software Ilegal di Medan, Selasa, 10 Maret 2009. 

Ia mencontohkan, masih kurang pahamnya aparat penegak hukum seperti Ditjen Bea dan Cukai terhadap produk bajakan sehingga mudah meloloskan produk bajakan. Sehingga nantinya, aparat Bea dan Cukai bisa langsung berkoordinasi dengan direktorat baru tersebut untuk mengetahui lebih cepat suatu produk bajakan atau tidak. 

“Dengan makin fokus di direktorat khusus akan memudahkan koordinasi terutama bagi aparat penegak hukum lainnya,” tukas pria yang juga menjabat sebagai Dirjen HKI Depkumham ini dalam keterangan persnya. 

Secara umum, kata Andy, pemerintah sedang melakuan restrukturisasi organisasi di Ditjen HKI. Bakal ada tiga direktorat baru, yakni Direktorat Hak Cipta, Desain Industri, dan Penyidikan HKI. Sementara itu, selama ini masalah penyidikan HKI digabungkan dengan Direktorat HKI dan Desain Industri. 

Andy menjelaskan, direktorat khusus HKI dirasa perlu karena penindakan kasus HKI bersifat menyeluruh dari hulu ke hilir (penindakan hukum). Apalagi keluhan masyarakat terhadap software ilegal juga semakin meningkat sehingga diperlukan tindakan atau penanganan yang langsung dan lebih cepat dari sebelumnya. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: