JUST TRYING TO COLLECT INFORMATION of ZION-CYBERCRIME-FREE EBOOKS

2 Pelaku Cyber Crime di Medan Diringkus

In CYBERCRIME NEWS on April 23, 2009 at 5:33 pm

20/11/2008 – 05:02

INILAH.COM, Medan – Tindak kriminalitas dunia maya (cyber crime) berhasil dibongkar petugas Reserse Ekonomi Sat Reskrim Poltabes Medan. Dua orang pelaku cyber crime melalui media internet di Bank Mandiri ini diringkus polisi, Rabu (19/11) malam.

Dalam pengungkapan tersebut, selain berhasil menyita barang bukti1 lembar KTP a/n David William, 2 unit HP jenis Nokia, 1 lembar rekening koran nomor 106-0005648319 pada Bank Mandiri a/n David William, 1 buah jam tangan, serta 1 unit computer yang digunakan tersangka, polisi juga berhasil meringkus dua tersangka di rumah makan Joko Solo Jalan Stadion Teladan Medan pada 17 November 2008.

Kedua tersangka yang hingga siang tadi masih dalam proses pemeriksaan di ruang pemeriksaan Unit Idik 5 Serse Ekonomi Sat Reskrim Poltabes MS tersebut masing-masing, Eben Nezer Ginting ST dan Dicky Hasudungan Silalahi alias David William.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Poltabes MS, Kompol Gidion Arif Setyawan SiK, membenarkan pengungkapan kasus cyber crime tersebut. Dikatakannya, kejahatan yang dilakukan kedua tersangka dengan cara menjual atau menawarkan barang elektronik berupa laptop dan HP fiktif melalui media internet.

“Para korban keseluruhannya dari luar negeri diantaranya dari Amerika, Swedia dan Inggris,” kata Gidion.

Gidion menyebutkan, kedua tersangka dijerat pasal 3 ayat (1) huruf a dan e UU RI No 25 tahun 2003, tentang tindak pidana pencucian uang dan atau pasal 378 serta 263 yo 264 KUH-Pidana tentang menyembunyikan atau menyamarkan asal usul hasil kejahatan atau penipuan dan atau membuat surat palsu.

“Selain pasal tersebut diatas, kedua tersangka juga kita persangka dengan pasal 27 ayat 1 UU No 11/2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (UU ITE),” tambah Gidion.

Dijelaskan Gidion, penerapan pasal tersebut diatas sesuai dengan perbuatan kedua tersangka. Awalnya tersangka Eben menjual dan menawarkan barang elektronik berupa Laptop dan HP fiktif melalui situs internet kepada calon korbannya.

Dalam pemeriksaan tersangka mengaku disuruh tersangka Eben untuk membuat KTP atas nama Dicky Hasudungan Silalahi di rubah menjadi David William. Hal tersebut dilakukan untuk membuka rekening tabungan di Bank Mandiri cabang Jalan Cirebon Medan.

“Rekening tersebut kami buka untuk menerima hasil penjualan barang elektronik berupa Laptop dan HP N-95 fiktif dengan menggunakan jaringan internet,” kata tersangka dalam pemeriksaan.

Tersangka mengakui perbuatan tersebut dilakukan secara bersama sama atau sendiri sendiri sejak 3 September 2007. “Barang yang kami jual berupa Laptop dan HP. Kami menggunakan website: Ebay.com,” ujarnya.[nng]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: