JUST TRYING TO COLLECT INFORMATION of ZION-CYBERCRIME-FREE EBOOKS

Departemen Industri, Perdagangan dan Tenaga Kerja ISRAEL

In JEJAK ZION on April 10, 2009 at 11:46 pm

1. Perdagangan dan Industri

 – Departemen Industri, Perdagangan dan Tenaga Kerja

 Departemen Industri, Perdagangan dan Tenaga Kerja memfokuskan diri pada peningkatan pertumbuhan ekonomi Israel. Departemen ini berkepentingan mendorong dan mendukung ekspor serta perdagangan internasional, membantu kegiatan pebisnis Israel dalam ekspor dan memasuki pasar baru di luar negeri.

http://www.moital.gov.il/NR/exeres/B0B48981-357D-446F-AFAC-91A358E93C87.htm

 

2. Badan Ekspor dan Kerjasama Internasional Israel  

 Badan Ekspor dan Kerjasama Internasional Israel (dikenal dengan nama Israel Export and International Cooperation Institute) adalah organisasi utama yang memfasilitasi peluang perdagangan, joint venture dan strategic alliances antara bisnis internasional dengan perusahaan-perusahaan Israel.

Badan ini didirikan untuk mempromosikan kemampuan industri Israel melalui kerjasama bisnis dalam berbagai hal : teknologi, industri dan perdagangan.

Tujuan kami adalah memperkenalkan perusahaan-perusahaan Israel. Kami menyediakan bantuan serta informasi mengenai ekonomi Israel, perkembangan serta prospek pasar yang dibutuhkan dalam membina hubungan bisnis jangka panjang dengan perusahaan-perusahaan dagang di Israel.

Organisasi Ekspor Nasional Israel (dikenal dengan nama Israeli National Export Organization / IEIC) adalah organisasi nir laba yang didirikan tahun 1958 sebagai kerjasama antara pemerintah Israel dengan sektor swasta untuk mempromosikan ekspor Israel.

Saat ini badan ini mewakili keseluruhan industri di Israel.

Badan ini bekerjasama dengan banyak perwakilan resmi, kedutaan, atase perdagangan dan ekonomi dari berbagai negara.

Badan ini membina kerjasama bisnis dengan perwakilan diplomatik dan perdagangan di Israel, demikian pula dengan organisasi promosi perdagangan internasional di seluruh dunia.

Badan ini diketuai oleh jajaran direktur yang mewakili perusahaan-perusahaan pengekspor terkemuka di Israel dan juga dari organisasi-organisasi ekonomi, umumnya dari sektor swasta.

Para ahli marketing di badan ini akan membantu siapa saja yang memerlukan bantuan untuk menemukan rekan bisnis yang tepat di Israel.

 http://www.export.gov.il/Eng/
 

3. Asosiasi Produsen Israel (Manufacturer’s Association of Israel / MAI)

Sejak didirikannya di tahun 1921, MAI dikenal sebagai kekuatan sentral dalam keseluruhan ekonomi Israel, khususnya dalam sektor industri. MAI menangangi pengambilan keputusan pada tingkat ekonomi makro, termasuk masalah tenaga kerja dan perdagangan luar negeri – keduanya sampai pada tingkat perlementer dan hukum yang berlaku.

Mengingat posisinya di tengah-tengah di antara tiga pemain yang membentuk ekonomi Israel – Pemerintah, MAI dan Histadrut (Trade Union) – maka MAI berusaha menyeimbangkan tanggungjawabnya baik terhadap ekonomi dan masyarakat, dan juga tugasnya untuk mewakili kepentingan anggotanya, mempromosikan keunggulan serta memperkuat industri persaingan industri dalam pasar lokal maupun global.

Yang perlu diketahui :

MAI adalah satu-satunya badan dari keseluruhan sector Industri di Israel, baik swasta, umum, kibbutz dan industri milik pemerintah. Lebih dari 200 perusahaan secara langsung maupun afiliasi menjadi anggota MAI Sebagai kesatuan, anggota MAI memimpin dalam kekuatan ekonomi di Israel. MAI adalah satu-satunya badan yang merupakan mitra para pemimpin ekonomi dalam menentukan keputusan pada tingkat ekonomi makro. MAI adalah asosasi pengusaha terbesar di Israel, mengurus masalah yang berkaitan dengan perjanjian tenaga kerja di Histadrut (Trade Union) dan pemerintah khususnya, serta menangani hubungan kerja secara umumnya.

Presiden MAI adalah juga Ketua Federasi Organisasi Ekonomi Israel (Federation of Israeli Economic Organization/FIEO), badan yang terdiri dari 15 kelompok yang mewakili sector bisnis Israel.

http://www.industry.org.il/Eng/  

 
4.  Federasi Kamar Dagang Israel

Federasi Kamar Dagang Israel (The Federation of Israeli Chamber of Commerce / FICC) adalah organisasi bisnis besar di Israel. Organisasi ini dianggap paling penting dan organisasi ekonomi yang paling dinamis di Israel. Merupakan badan yang nir laba, non politis dan non partai, FICC didedikasikan untuk ekonomi pasar dan enterprise bebas. Sebagai asosiasi pengusaha terbesar di Israel, FICC adalah salah satu anggota dalam koordinasi organisasi ekonomi Israel dan mewakili kepentingan dari sektor bisnis Israel, termasuk eksportir dan importir, pengusaha besar maupun pengecer, jasa maupun produsen.

FICC membantu mengukuhkan hubungan perdagangan global, dan sebagai alat untuk mengukuhkan pertalian antara hubungan diplomatik dengan negara-negara yang belum mengenal Israel, seperti misalnya, USSR. Cina, India dan Indonesia. FICC juga sebagai alat menjembatani dialog ekonomi dengan negara-negara Arab tetangga dalam kerangka Proses Perdamaian Timur Tengah.

Dengan adanya kesepakatan perdagangan bebas dengan negara-negara dan blok perdagangan internasional, termasuk Amerika, EEC, dan EFTA, Israel kini menjadi pemain penting dalam perdagangan di dunia. FICC secara aktif terlibat untuk meyakinkan semua pihak bahwa Israel memainkan peranan yang semakin perlu diperhitungkan dalam pasar global.

FICC bertindak sebagai badan yang menyortir data-data penting dalam sektor bisnis Israel. Kegiatan pendidikan Federasi ini ditujukan untuk menyediakan pelatihan bagi para anggota dan meningkatkan pengajaran yang berhubungan dengan bisnis di kurikulum sekolah di Israel.

Federasi ini mendukung usaha kecil, meningkatkan kewirausahaan dan para imigran baru untuk membangun komunitas bisnis Israel sendiri.

FICC adalah badan yang independen dari pemerintah maupun institusi lainnya. FICC menaungi 6 Kamar Dagang : Tel Aviv, Yerusalem, Haiva, BeerSheva dan Nazarteh.

http://www.chamber.org.il/english/  

 
5. Badan Pengusaha Kecil dan Menengah Israel

Kebalikan dari tren yang berlaku di negara-negara barat, bisnis kecil dan menengah di Israel belum dianggap sebagai tulang punggung ekonomi, bahkan perlu dukungan untuk diri mereka sendiri. Menghadapi gelombang imigran dari negara yang dulunya Uni Soviet, para pemimpin negara mengambil keputusan bahwa situasi ini perlu diubah dan problema pertumbuhan serta tenaga kerja harus ditangani, melalui pemberian dukungan bagi para pengusaha dan pengembangan usaha kecil dan menengah. Untuk tujuan inilah maka pada tahun 1993, Badan Pengusaha Kecil dan Menengah Israel didirikan. 

Tujuan utama didirikannya badan ini adalah untuk menolong para pengusaha dan pemilik bisnis kecil dan menengah dalam menyelesaikan hambatan dan kesulitan yang mereka hadapi.

Empat strategi yang dilakukan adalah :

PelatihanKeuangan : pengembangan sarana keuangan dan investasiMenciptakan lingkungan bisnis yang memiliki peraturan dan perencanaan bisnis.Menumbuhkan budaya enterprise dan pengembangan bisnis.

Fungsi dari Badan Pengusaha Kecil dan menengah ini adalah :

Memberikan inisiatif kepada pemerintah dan mengimplementasikan kebijakan untuk meningkatkan usaha kecil dan menengah.Menciptakan dan mengimplementasikan alat bantu penyokong kegiatan usaha.Mengkoordinasikan semua badan dan lembaga yang terkait dalam usaha kecil dan menengah.Memprakarsai dan membentuk pusat pelayanan lokal, regional dan profesional untuk para pengusaha, mendukung serta mengarahkan mereka dalam aktivitasnya.Memprakarasai legalitas daerah usaha kecil dan menengah.Mengusahakan pelatihan dan pemasyarakatan masalah manajemen, pembentukkan dan pelaksanaan bisnis.Memprakarsai hal-hal yang berkenaan dengan lembaga pendidikan.Penyediaan data bagi para pengusaha kecil dan menengah.Memprakarsai penggalangan dana penyokong bagi kegiatan usaha.

http://www.asakim.org.il/english.php  

6. Perusahaan Penjamin Ekspor Israel

ASHRA adalah perusahaan Asuransi Ekspor Israel milik negara. ASHRA mendukung kegiatan ekspor Israel dengan memberikan jaminan asuransi bagi transaksi kredit ekspor medium dan jangka panjang (1-10 tahun) serta investasi di luar negeri.

Perusahaan ini berganti nama dari “The Israel Foreign Trade Risk Insurance (IFTRIC) menjadi “ASHRA – The Israel Export Insurance Corporation Ltd. Pada bulan September 2005.

Perusahaan ini telah memiliki relasi kerja dengan berbagai komunitas bisnis dan perusahaan asuransi internasional. Sejak dibentuknya pada tahun 1957, ASHRA telah menyediakan para eksportir Israel beragam solusi asuransi yang menyeluruh, yang memungkinkan mereka mengurangi resiko serta penambahan biaya. Perusahaan juga menyediakan data terbaru bagi para eksportir Israel informasi mengenai makro ekonomi dan kegiatan politik di negara-negara yang dituju. Karenanya, ASHRA membuat para eksportir Israel merasa ‘sangat aman’. ASHRA menawarkan asuransi yang menutup sampai dengan 95% atas resiko politik (misalnya: perang, huru hara, keterbatasan nilai tukar ata kesulitan transfer dana, dll) dan sampai dengan 90% atas resiko komersial (misalnya : bankrut)

 ASHRA menjangkau kira-kira 80% dari transaksi ekspor jenis menengah dan jangka panjang di Israel ke berbagai negara berkembang, kebanyakan adalah negara-negara di Asia Tenggara, Eropa Timur dan Amerika Selatan. Di akhir tahun 2001, portofolio asuransi kredit ekspor ASHRA mencapai lebih dari $1 miliar, termasuk transaksi dalam sektor : industri, infrastruktur, high-tech (perlengkapan medis dan komunikasi), energi, pertanian, industri militer dan jasa engineering.

http://www.ashra.gov.il/eng  

7. Organisasi Pengekspor Persenjataan

Kegiatan ekspor persenjataan adalah di bawah tanggung jawab SIBAT, Badan Pembantu Pertahanan Luar Negeri dan Departemen Pengekspor Persenjataan dari Kementrian Pertahanan Israel.

SIBAT berwenang dalam hal :

–  meningkatkan pemasaran dan penjualan sistem pertahanan canggih Israel, produk serta jasa konsultasinya

–  pemasaran dan penjualan sistem persenjataan serta perlengkapan yang dikeluarkan oleh IDF

http://www.sibat.mod.gov.il/SibatMain/sibat/index.html

8. Asosiasi Industri Kibbutz

Asosiasi Industri Kibbutz (Kibbutz Industry Association – KIA) adalah oraganisasi sukarela yang dibentuk pada tahun 1962. KIA mewakili lebih dari 300 pengusaha industri dari semua kibbutz.

Para pengusaha Kibbutz memandang bahwa KIA ini sebagai fokus sentral untuk berbagai informasi dan merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh semua anggotanya. KIA bertindak selaku perantara yang menyatukan investor dengan pengusaha. KIA pun mendampingi proses negosiasi dan menangani prosedur bilamana diperlukan. 

Dewan komite eksekutif KIA akan bertindak selaku badan penasehat dan perantara bagi investasi industri Kibbutz. KIA akan mengevaluasi proyek-proyek baru serta memberikan bantuan berkaitan dengan hal-hal yang berurusan dengan pemerintah. KIA bertindak selaku koordinator dan pusat informasi bagi para investor perorangan dan institusional (lokal maupun internasional) yang berusaha mengadakan kerjasama dengan industri-industri yang ada di kibbutz. KIA membantu industri-industri di kibbutz dalam hal memberikan inisiatif kepada Litbang, menjaga kerjasama antara para ilmuwan dengan lembaga penelitian lain dan pendanaan.

Para staf di KIA telah memiliki keahlian dan kemampuan sebagai konsultan dalam berbagai area, misalnya cukai dan tarif, ekspor dan akses ke pasar baru, organisasi dan manajemen, sumber daya manusia, kualitas, dan lainnya

Bertindak selaku penghubung antara industri-industri Kibbutz, komunitas bisnis dan media, KIA secara terus menerus menginformasikan media lokal dan asing mengenai tren dan perkembangan, kerjasama dan proyek yang sedang berlangsung di kibbutz. Ada juga publikasi tahunan dan periodik sebagai tambahan informasi bagi mereka di dalam maupun di luar negeri.

http://www.kia.co.il/welcome.htm  

9. Israel Trade Fairs Center dan Israel Convention Center

Trade Fairs Center Israel dan Israel Convention Center dibentuk sejak tahun 1932  dan sejak dulu dikenal sebagai “Pusat Pameran di Timur”. Trade Fairs Center dan Convention Center telah menjadi tuan rumah bagi lebih dari satu juta pengunjung tiap tahunnya dalam berbagai kegiatan pameran, simposium dan berbagai kegiatan lain dari pihak penyelenggara terkemuka yang menilai dan memilih Israel Trade Fairs Center Israel dan Convention Center sebagai pintu gerbang dari berbagai kegiatan, baik teknologi, hi-tech, wisata, pertanian, bisnis, perdagangan, ilmu pengetahuan, industri,kesehatan, seni dan lainnya. 

Israel Trade Fairs Center dan Israel Convention Center telah dikenal bertahun-tahun sebagai tempat penyelenggaraan pameran yang terkenal di dunia. Berlokasi di Tel Aviv, yang dianggap sebagai ‘kota bisnis dan budaya’ Israel. Selain pantainya yang indah, Tel Aviv juga sebagai pintu masuk ke Timur Tengah. Jutaan pengunjung datang tiap tahunnya baik untuk bisnis maupun berlibur. Tel Aviv mensejajarkan diri dengan kota-kota utama di dunia, seperti New York, London, Paris, Munich dan lainnya. Tak heran maka Tel Aviv juga dijuluki “kota hidup”.

Israel Trade Fairs Center adalah anggota UFI, ICCA, IAEM dan beberapa organisasi terkemuka lainnya.

http://www.israel-trade-fairs.com/english/index.html 

10. Federasi Cargo Internasional dan Pengurusan Bea Cukai

Federasi Cargo Internasional dan Pengurusan Bea Cukai (Israeli Federation of International Freight Forwarders and Customs Clearing Agents – IFFCA) bergerak di bawah naungan Federasi Kamar Dagang Israel.

Sebagai organisasi yang dibentuk pada tahun 1975, IFFCA telah mencatat sejarah kesuksesan.

Federasi ini telah terbukti memiliki kekuatan mempertemukan pihak industri, bea cukai dan pihak jasa pengiriman dengan pengetahuan dan manajemen yang baik.

Anggota IFFCA dikenal dengan profesionalismenya. Anggota IFFCA menggunakan lambang di kop surat sebagai tanda mereka memenuhi standar kualitas dan reliabilitas.

Federasi ini di Israel adalah yang terbesar dalam kelompoknya, memiliki 51 anggota yang 80% anggotanya adalah importir dan eksportir.

Di IFFCCA anggota dapat mendiskusikan permasalahan yang umumnya mereka hadapi dalam pengiriman dan pengurusan bea cukai.

Dalam upaya meningkatkan pelayanan Federasi telah mendapatkan ISO 9002 dalam standar kualitas. Dan bersama dengan pihak pemerintah terkait, telah mendirikan sekolah pertama untuk masalah bea cukai dan jasa pengiriman dalam berbagai jenis modul.

http://www.iffcca.org.il/_ArticlesLang/Article.asp?ArticleID=12&CategoryID=16

11.  Portal Industri Berlian

Portal industri berlian dibuat oleh Israel Diamond Institute (IDI) dengan tujuan mempromosikan industri berlian Israel dan hal-hal yang berkaitan dengannya.

Portal ini menyediakan para anggotanya beragam bantuan yang memudahkan urusan bisnis, penyediaan data dan kemudahan yang membantu berlangsungnya bisnis.

Hanya dengan proses registrasi yang mudah, para peminat berlian dan perhiasan dapat mendaftarkan diri dan mendapatkan informasi lengkap mengenai industri ini.

http://www.israelidiamond.co.il/english/index.aspx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: