JUST TRYING TO COLLECT INFORMATION of ZION-CYBERCRIME-FREE EBOOKS

PERAN POLRI DALAM KERANGKA KERJA SISTEM KEAMANAN NASIONAL

In ARTIKEL CYBERCRIME on February 3, 2009 at 7:42 am

Pendahuluan

Polri pasca Orde Baru adalah Polri yang berbeda dengan masa sebelumnya. Bila selama rejim pembangunan Polri dijadikan sebagai instrumennya, sekarang tidak lagi. Sejak 1 April 1999, secara kelembagaan Polri keluar dari Tentara Nasional Indonesia.

Sebagaimana organisasi kepolisian di negara-negara demokrasi lainnya, fungsi Polri selanjutnya adalah sebagai alat negara, penegak hukum, pelindung dan pengayom serta pelayan masyarakat. Sebagai aparatur penegak hukum, maka tidak tepat lagi bila Polri menjadi bagian dari sebuah kesatuan yang bertugas mempertahankan negara, yakni Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Untuk selanjutnya, organisasi yang dikenal sebagai pengemban Tri Brata
1 ini mesti melakukan berbagai perubahan, mulai dari paradigmatik sampai ke empirik. Tanpa semangat itu, nampaknya kepercayaan publik atas perubahan peran yang dimaksud, akan terus merosot. Bila hal ini terjadi, maka kesatuan ini tidak lagi mampu mengklaim dirinya sebagai Kepolisian Republik Indonesia, melainkan kepolisian yang jauh dari rakyat yang harus dilindungi dan dilayaninya, yakni rakyat Indonesia.

Hampir satu dasawarsa sudah kita mendengar jargon “Reformasi Menuju Polri yang Profesional”. Belakangan, jargon tadi mendapat tambahan satu kata kunci lagi, yakni “Mandiri”. Jadi lebih lengkapnya, semangat perubahan dalam tubuh Polri sekarang adalah, “Menuju Reformasi Polri yang Mandiri dan Profesional”. Di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Roesmanhadi, semangat tersebut di atas diperkenalkan. Kemudian secara berturut-turut, Kapolri penerusnya Jenderal Rusdihardjo, Dai Bahtiar dan sekarang Jenderal Sutanto, mengemban moral publik untuk lebih mengoperasionalkan reformasi Polri yang dimaksud.

Download : peran-polri-dalam-kerangka-kerja-keamanan-nasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: